Hold Your Horses

https://www.youtube.com/watch?v=UFbxk4Vk-Zc

Saat ini, saya bersama kurang lebih 90 generasi muda dari Indonesia Timur sedang mengikuti kegiatan pengayaan bahasa dan non bahasa bagi calon awardee Beasiswa Indonesia Timur (BIT) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Tahun 2017 di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Selama 5 hari dalam seminggu kami berkutat dengan persiapan TOEFL dan IELTS di Balai Bahasa plus belajar mandiri di luar jadwal kursus. Berbagai hal terkait bahasa Inggris kami pelajari, seperti teknik paraphrasing, hedging, nominalisation, idiom yang umum digunakan, dan lainnya. Khusus tentang idiom, ada satu yang saya suka (PAKE) banget dan bisa dibilang merupakan idiom yang paling sering digunakan oleh teman-teman sekelas saya: HOLD YOUR HORSES.

Menurut kamus Cambridge online (https://dictionary.cambridge.org), ungkapan hold your horses digunakan kepada seseorang untuk berhenti (baca: menahan diri) dan mempertimbangkan dengan seksama keputusan atau pendapat mereka terhadap sesuatu hal. Ini menjadi ungkapan favorit saya karena secara perlahan maksud ungkapan ini terinternalisasi menjadi salah satu teknik yang sangat membantu saya dalam pembelajaran IELTS. Tidak sampai di situ, bagi saya yang terlahir dengan kebiasaan suka terburu-buru, hold your horses membantu saya untuk belajar berpikir panjang sebelum bertindak. Hold your horses pun sangat berguna dalam kehidupan sosial saya, khususnya selama mengikuti kegiatan pengayaan bahasa ini. Bertemu dengan begitu banyak orang dari berbagai latar belakang membuat saya harus belajar menahan diri, menerima sikap dan pembawaan yang tidak semuanya sesuai dengan standar saya, sangat sulit pada awalnya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, sambil terus mengingatkan diri sendiri – hold your horses, Pauline – ternyata bisa juga!

Dalam perjalanan hidup ini, setiap kita tentu akan diperhadapkan pada situasi yang berbeda dengan yang biasanya kita alami: orang-orang yang berbeda umur, tingkat pendidikan, level sosial-ekonomi, paham politik, dan lain sebagainya. Bagi kita yang mungkin dalam satu-dua-tiga hal memiliki kelebihan dibandingkan orang lain di sekeliling kita, tentu seringkali tergoda untuk menunjukkan kelebihan kita itu. Dalam kondisi tersebut, komunikasi dan interaksi yang positif dan konstruktif tentu menjadi kebutuhan, namun sayangnya tidak selalu berjalan sesuai yang diharapkan. Untuk itu percayalah, kiat HOLD YOUR HORSES sangat efektif untuk membantu memuluskan proses adaptasi yang harus kita jalani dan secara tidak langsung efektif dalam upaya menciptakan keharmonisan dan bahkan perdamaian dunia!

So, in any circumstances, let's start to hold your horses, guys.. ;)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.